Packet Manager Python

PACKET MANAGER PYTHON

Cara pakai package manager di masing-masing bahasa pemrograman mirip. Sebagian besar cara kerja kita adalah menentukan library yang dibutuhkan (dependency) di suatu file (membawa format masing-masing bahasa atau dalam format file JSON) . File tersebut lantas di simpan dalam root folder project kita. Selanjutnya kita menjalankan Command Line Tool, mengetik perintah install / update (dengan aturan Command Line Tool masing-masing bahasa) ..tara.. file fisik library sudah ada di folder project kita, dengan kata lain sudah terintegrasi dengan project kita.

Dalam ekosistem package manager pun kita tidak hanya bisa memanfaatkan tapi juga bisa berbagi. Jika kita punya library yang bagus, kita bisa submit ke package manager host.  Menurut saya salah satu bagian penting dari produk package manager sebenarnya adalah kontributor itu sendiri. Karena kontributor lah yang meramaikan konten repository.

Apa itu PIP?

cara pakai package manager di masing-masing bahasa pemrograman mirip. sebagian besar cara kerja kita adalah menentukan library yang dibutuhkan di suatu file (membawa format masing - masing bahasa atau dalam format file JSON). File tersebut lantas disimpan dalam root folder project kita. selanjutnya kita menjalankan Command Line Tool, 
PIP merupakan program untuk manajemen paket di Python. Tugasnya untuk menginstal, menghapus, upgrade paket Python.
Paket Python itu apa?
Paket Pyhon itu merupakan sebuah modul yang berisi kode-kode atau program python dan isi paket ini bisa kita import ke dalam program kita.
Cara Install PIP :
#untuk pip version 2 
sudo apt install python-pip

 #untuk pip version 3
sudo apt install python3-pip
Cara Menggunakan PIP :
pip install faker 
faker disini adalah nama paketnya


Jika ingin uninstall paketnya :

pip uninstall faker 

Melakukan upgrade paket faker :

pip install faker --upgrade

Cara Melihat lokasi penyimpanan paket :
python -m site 




REFRENCE : 
https://www.codepolitan.com/mengenal-package-manager-dalam-pemrograman
https://www.petanikode.com/python-pip/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KONFIGURASI FORTIGATE

LINUX ADMINISTRATOR

SUBNETING